Cara bermain anak-anak sekarang berbeda dengan anak zaman dahulu. Kalau dulu banyak jenis permainan yang secara tidak langsung memiliki banyak manfaat, diantaranya melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya, melatih kekompakan, memicu pemikiran menjadi lebih kreatif. Namun permainan anak zaman sekarang sudah menggunakan peralatan yang lebih canggih dibandingkan dengan permainan tempo dulu.

Banyak jenis permainan dahulu yang sekarang sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak, terutama anak-anak yang berada di perkotaan.

1. Lompat tali

lompat tli

Permainan ini menggunakan seutas tali, biasanya menggunakan karet yang digabung sehingga menjadi panjang. Biasanya permainan ini terdiri dari dua orang yang memegang ujung tali dan seorang atau dua orang yang melompat melewati tali.

2. Layang-layang

layang2

Permainan ini menggunakan alat seperti benang dan layang-layang yang terbuat dari bambu dan kertas yang berbentuk seperti bangun layang-layang.

3. Kelereng (gundu)

kelerng

Permainan kelereng biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. Perlu konsentrasi dan strategi utnuk memenangkan permainan ini. Permainan kelereng biasanya dilakukan di tempat yang datar.

4. Congklak

congklak

Permainan congklak adalah permainan yang dilakukan oleh dua orang dengan menggunakan biji congklak dan tempat congklak yang terdiri dari 14 lengkungan. Yang mendapatkan biji congklak terbanyak, itulah yang menjadi pemenang.

5. Gobak Sodor

Permainan ini dilakukan oleh 2 kelompok dan memerlukan kekompakan masing-masing kelompok. Kelompok penjaga dan kelompok yang harus bisa meloloskan diri dari penjagaan. Tidak ada alat yang digunakan pada permainan ini.

6. Ular naga

Permainan yang dilakukan oleh dua orang penjaga dan beberapa orang sebagai ular yang berderet panjang. Sambil menyanyikan lagu “ular panjang”. Jika yang lagu sudah habis, maka penjaga menangkap satu orang dari anak yang berperan sebagai kelompok ular.

7. Pletokan

Pletokan dibuat dari bambu kecil yang dua ujungnya dilubangi untuk memasukan kertas yang dibasahi sebagai senjatanya.

8. Bekel

bkl

Permainan yang biasa dilakukan oleh perempuan ini, dimainkan dengan sebuah bola bekel dan kwuk.

9. Gasing

Gasing sudah banyak yang mengetahui, tetapi gasing zaman sekarang sudah ada yang lebih canggih.

10. Gamebot

Kalau sekarang ada yang namanya game box atau PS, zaman dulu permainan modern anak-anak adalah gamebot.

11. BP

Permainan yang dimainkan melalui kertas yang bergambar orang dan pakaiannya lengkap serta alat-alatnya.

12. Tamagochi

13. Enggrang

enggrng

Selain mengolah raga, dalam permainan ini, para pemain dituntut untuk pandai berstrategi, kompak dan tangkas.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Kategori: Remaja